Calon menantu khalifah

Calon menantu khalifah…

Seperti biasa, Khalifah Umar dan pengawalnya berkeliling negeri untuk melihat dari dekat keadaan rakyatnya. Beliau tertarik melihat sebuah gubuk kecil, mendekat lalu turun dari kudanya. Samar2 telinganya mendengar percakapan seorang ibu dengan anaknya, “Anakku, malam ini kambing kita hanya mengeluarkan sedikit susu, tidak cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan besok pagi”.

Anak gadisnya tersenyum menghibur ibunya, “Ibu tidak usah menyesal, inilah rezeki yang di berikan Allah pada kita hari ini. Semoga besok kambing kita mengeluarkan susu yang lebih banyak”.

“Aku khawatir para pelanggan akan pergi. Bagaimana kalau susu itu kita campur air supaya banyak?” kata ibunya.

“Jangan ibu!” Kata gadis itu, “Kita tidak boleh berbuat curang. Lebih baik kita katakan dengan jujur pada pelanggan bahwa hasil susu hari ini hanya sedikit. Mereka tentu akan memakluminya. Lagi pula kalau ketahuan Khalifah Umar, nanti dihukum!”.

“Mana mungkin Khalifah Umar tahu?” Kata ibunya, “Saat ini beliau pasti sedang tidur pulas di istananya yang megah tanpa kesulitan seperti kita”.

Dengan lembut gadis itu berkata, “Ibu, memang Khalifah Umar tidak melihat perbuatan kita, tapi Allah Maha Melihat. Meskipun kita miskin, jangan sampai melakukan sesuatu yang dimurkai Allah”.

Dari luar gubuk, Khalifah Umar tersenyum kagum mendengar ucapan gadis itu. Keimanannya kepada Allah mencegahnya untuk berbuat curang dan tetap berlaku jujur walaupun dihimpit kemiskinan.

Khalifah Umar dan pengawalnya kembali ke istana. Keesokan harinya, beliau memerintahkan pengawal untuk menjemput wanita pemerah susu dan anak gadisnya untuk menghadap. Beliau bermaksud menikahkan putranya dengan gadis miskin tapi beriman lagi jujur itu.

“Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara : karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya, (atau) agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung, (HR. Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>