Cerita akhir pekan : 0rang kaya dan orang zuhud

Cerita akhir pekan : 0rang kaya dan orang zuhud…

Seorang motivator berkata dengan penuh semangat, “Jadilah orang kaya seperti Bill Gates, orang terkaya di dunia yang kekayaannya 76 miliar dollar atau 886 triliun rupiah, fantastis bingitss!!!” Kekayaannya, menurut lembaga survey Oxfam tidak habis dimakannya selama 218 tahun.

Motivator itu meneruskan ceritanya tentang orang terkaya di Indonesia. Dia berkata dengan tidak kalah semangat, “Anda juga bisa meneladani Budi Hartono, si raja tembakau yang sudah bertahun-tahun menjadi orang terkaya di Indonesia!!”

Banyak orang2 yang ingin kaya seperti Budi Hartono atau Bill Gatesn bahkan melakukannya dengan menghalalkan berbagai cara, tak perduli halal atau haram. Mereka tidak menyadari bahwa “sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal” (QS. Al Mukmin : 39).

Sejatinya, umat Islam tidak dilarang untuk kaya, namun yang terbaik adalah orang yang berlaku zuhud. Perilaku zuhud akan membawa kepada keselamatan di dunia dan akhirat dengan sikapnya yang rendah hati.

Orang zuhud hanya sedikit berharap dengan keistimewaan dunia dan tidak menganggap dunia ini luar biasa sehingga tidak takut terkena musibah atau jatuh miskin. Orang zuhud juga tidak perduli dengan pujian atau celaan karena hatinya tidak mengistimewakan apapun selain Allah. Orang zuhud lebih mengharapkan apa yang ada di sisi Allah dibanding dengan harta benda yang dimilikinya.

“Dari Sahl bin Sa’ad As Sa’idi, ia berkata ada seseorang yang mendatangi Nabi SAW lantas berkata, ‘Wahai Rasulullah, tunjukkanlah padaku suatu amalan yang apabila aku melakukannya, maka Allah akan mencintaiku dan begitu pula manusia’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Zuhudlah pada dunia, Allah akan mencintaimu. Zuhudlah pada apa yang ada di sisi manusia, manusia pun akan mencintaimu” (HR. Ibnu Majah dll).

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>