Cerita akhir pekan : Hartamu milik ayahmu

Cerita akhir pekan : Hartamu milik ayahmu….

Lelaki tua itu sudah pensiun dan penghasilannya jauh berkurang dibandingkan ketika masih bekerja. Ada penyesalan di hatinya karena ketika masih muda dan penghasilannya masih besar dirinya tidak terpikir akan mengalami kondisi seperti ini di masa tuanya.

“Nak, papa butuh uang 1 juta untuk tambahan uang dapur dan beli susu untuk mama kamu” kata lelaki tua itu pada anak lelakinya.

“Aku tanya isteri dulu ya pah” Jawab anaknya singkat dan segera berlalu dari hadapan ayahnya. Lelaki tua itu hanya mengangguk dan memberikan seulas senyum.

Anak lelakinya itu mencari isterinya, sesampainya di belakang rumah, matanya tertumbuk pada setumpuk susu kaleng anaknya, juga sekian banyak mainan anaknya. Untuk membeli susu kaleng anaknya itu, setiap bulan ia harus mengeluarkan sedikitnya 500 ribu. Entah berapa banyak harga semua mainan anaknya itu.

Sejenak dia tertegun, hanya untuk susunya saja, anaknya sudah menghabiskan uang sekian banyak. Belum lagi makanan tambahannya, mainannya, biaya pendidikannya, pemeliharaan kesehatannya…

Kembali dia tertegun, begitu banyak yang dia terima dari orang tuanya, mengapa ayahnya hanya minta uang 1 juta saja dia perlu banyak pertimbangan?! Padahal dia sadar bahwa semua yang ada dalam darah dagingnya adalah karena pemberian orang tuanya?!!

Langkahnya untuk menemui sang isteri tak dilanjutkan lagi. Segera dia temui ayahnya untuk menyerahkan uang sebesar Rp 5 juta, seraya meminta maaf atas sikap yang ditunjukkannya tadi :) :) :). Alangkah indahnya ajaran Islam yang mewajibkan anak harus berbakti kepada orang tuanya sampai akhir hayat.

“Dari Jabir bin Abdillah ada seorang berkata kepada Rasulullah SAW, ‘Ya Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki harta dan anak namun ayahku ingin mengambil habis hartaku’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Engkau dan semua hartamu adalah milik ayahmu” (HR. Ibnu Majah).

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>