Cerita akhir pekan : Nabi Ibrahim AS dan ayahnya

Cerita akhir pekan : Nabi Ibrahim AS dan ayahnya….

Nabi Ibrahim AS adalah anak seorang ayah yang bernama Azar dari bani Sam bin Nuh AS yang pekerjaannya adalah membuat patung. Patung2 tersebut dijadikan sesembahan oleh Raja Namruj dan penduduknya pada masa itu.

Ibrahim muda berupaya mencari Tuhan dengan melihat bintang, apakah ini Tuhan? Kok menghilang? Ketika bintang itu lenyap di pagi hari dilihatnya bulan, apakah ini Tuhan? Kok meredup? Ketika bulan tenggelam dilihatnya matahari, apakah ini Tuhan? Ketika matahari pun terbenam, timbul pemahaman bahwa semua itu bukan Tuhan. Tuhan tidak mungkin lenyap, redup dan terbenam. Tuhan tidak dapat disekutukan dengan ciptaan-Nya. Kisah nabi Ibrahim mencari Tuhan dapat disimak dalam QS Al An’am (ayat 76-79).

Setelah Ibrahim menjadi nabi, dimulailah pembersihan terhadap kepercayaan dan tradisi yang tidak benar itu. Nabi Ibrahim AS menyeru kepada umatnya agar menyembah semata-mata hanya kepada Allah.

Nabi Ibrahim AS juga menyeru kepada ayahnya yang masih mengamalkan tradisi menyembah berhala, namun ayahnya tidak mau beriman, Nabi Ibrahim AS malahan diancam dan diusir dari rumahnya.

Ayah nabi Ibrahim AS tetap setia menyembah berhala2 yang dibuatnya sendiri sehingga meninggal dalam kekafiran. Dialog nabi Ibrahim AS dengan ayahnya dapat disimak dalam QS. Maryam ayat 41-46.

Nabi Ibrahim AS harus bertentangan soal keyakinan dengan ayahnya yang masih mempertahankan kepercayaan dan tradisi nenek moyangnya. Sebuah keberuntungan jika kita mempunyai orang tua yang seiman dengan kita, namun bila orang tua kita berbeda keyakinan, kisah nabi Ibrahim AS dengan ayahnya dapat menjadi teladan bagi kita.

Mohon tulisan ini di share kembali, insya Allah berbuah pahala bagi anda….

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674
*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>