Cerita akhir pekan : Pengojek yang rajin sholat

Cerita akhir pekan : Pengojek yang rajin sholat ….

Setiap mendekati waktu sholat, ada pengojek yang selalu mangkal di dekat masjid agar sholat tepat waktu dan berjamaah. Pada hari itu sebuah mobil memasuki halaman masjid dan seorang ibu turun dari mobil. Dia minta diantar pengojek ke sebuah mal untuk menghindari macet.

Belum sampai di tujuan, terdengar suara adzan dan pengojek itu membelokkan sepeda motornya ke masjid. Ibu itu heran dan bertanya, “Kok berhenti di sini?”

Pengojek menjawab, “Allah sudah memanggil kita untuk sholat. Saya mau sholat dulu, ibu turun di sini saja, mal-nya di belakang masjid ini. Ibu tak usah bayar”

“Baiklah. Tunggu saya di sini ya, antar saya lagi ke tempat tadi” kata ibu itu mengalah.

Setelah selesai berbelanja, ibu itu sedikit memaksa minta diantar ke rumah pengojek ingin tahu keadaan keluarganya. Ibu itu kaget karena keadaannya sangat sederhana tapi berani tidak dibayar hanya karena ingin sholat tepat waktu. Dan berjamaah.

“Ma’af ya, ternyata bapak bukan orang yang berada, mengapa menolak bayaran dari saya?”

“Rezeki itu dari Allah, maka kalau Allah sudah memanggil, saya harus segera sholat sebagai rasa syukur atas rezeki yang saya terima”

Ibu itu terdiam teringat dirinya yang jarang sholat dan kurang mensyukuri keadaannya yang jauh lebih makmur dibanding pengojek. Ibu itu pamit dan minta diantar untuk mengambil mobilnya yang diparkir di halaman masjid.

Seminggu kemudian, ibu itu datang lagi ke rumah pengojek bersama seorang sales mobil untuk mengurus surat2 angkot. Rupanya, ibu itu oorang yang kaya raya dan akan memberikan sebuah angkot sebagai ucapan terima kasih kepada pengojek. Kehidupan pengojek yang pas2an namun tetap bersyukur dengan menjaga sholatnya membuat ibu itu sadar dan lebih rajin dalam mengerjakan sholat

“Dari Ibnu Mas’ud ia bertanya, ‘wahai Nabi Allah, amal apakah yang mendekatkan ke surga?’ Beliau bersabda, ‘sholat pada waktunya ….” (HR. Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>