Harta karun

HARTA KARUN

Kekayaan Bill Gates yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2014 adalah sebesar 76 miliar dollar AS, tapi ini tidak ada apa2nya dibandingkan dengan kekayaan Karun. Kekayaan Karun sangat melimpah ruah sehingga untuk menyimpan hartanya itu memerlukan kunci2 yang sangat berat dan harus dipikul oleh sujumlah orang yang kuat2.

Karun sangat bangga dengan kekayaannya dan merasa itu berkat kemampuannya semata. Orang2 berkata, “Hai Karun, janganlah kamu terlalu bangga, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang2 yang terlalu membanggakan diri” Jawab Karun, “Aku diberi harta karena ilmu yang ada padaku”

Orang2 kebanyakan sependapat dengan jawaban Karun, bahkan berharap bisa kaya seperti Karun. Orang2 berilmu sebaliknya, mereka berkata, “Kecelakaan besar bagimu Karun, pahala orang2 yang beriman dan beramal shaleh lebih baik daripada harta”

Ternyata Allah membenarkan pendapat orang2 berilmu dengan membenamkan seluruh harta yang dimiliki Karun ke dalam bumi. Orang2 yang dahulunya sependapat dengan Karun jadi tersadar bahwa kekayaan itu anugerah Allah yang dilimpahkan kepada siapa yang dikehendaki-Nya terutama kepada orang2 yang tidak mengingkari nikmat-Nya.

“Dari Ibnu Mas’ud ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : ‘Tidak boleh ada

cita-cita untuk mendapatkan nikmat seperti orang lain kecuali dalam dua hal yaitu terhadap seseorang yang dikaruniai harta oleh Allah kemudian ia pergunakan untuk membela kebenaran, dan terhadap seseorang yang dikaruniai ilmu pengetahuan kemudian ia mengamalkan dan mengajarkannya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>