Istikharah untuk pilihan terbaik

Istikharah untuk pilihan terbaik…

“Termasuk kemuliaan bani Adam adalah ia mau beristikharah kepada Allah, dan termasuk kedurhakaannya adalah manakala ia tidak mau beristikharah kepada Allah” (HR. Hakim).

Setelah melaksanakan sholat istikharah, banyak orang menanti jawaban istikharah melalui mimpi, membuka Quran secara acak lalu mencoba mencari jawabannya melalui ayat yang tak sengaja terbuka, dsb. Semua perbuatan itu tidak ada dalilnya maka sebaiknya memilih pilihan yang lebih mudah sebagai pilihan terbaik setelah istikharah (HR. Muslim) atau memilih alternatif yang membuat hati menjadi tenang (HR. Ahmad).

Imam Nawawi mengatakan “Jika seseorang melakukan istikharah, maka lanjutkanlah apa yang menjadi keinginan hatinya” Supaya keinginan tersebut tepat, imam Qurtubi menambahkan agar hatinya terlebih dahulu dibersihkan dari hal2 yang mempengaruhinya.

Ibnu Hajar juga mengatakan bahwa sebaiknya tidak sekedar mengikuti kecenderungan hati karena kecenderungan itu biasanya dipengaruhi oleh hal lain sebelum melaksanakan sholat istikharah. Setelah memilih dengan analisa dan pertimbangan yang matang, hendaknya diikuti sikap tawakkal semoga pilihannya itu tepat dan Allah akan memudahkan semuanya.

Tulisan ini harap di share kembali, insya Allah berbuah pahala bagi anda….

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>