Jangan menikah secara mut’ah

Jangan menikah secara mut’ah….

Pernikahan dilakukan untuk selamanya guna mendapatkan ketenangan (sakinah). Pernikahan tidak bertujuan untuk bersenang-senang sesaat seperti nikah mut’ah dan setelah lewat waktu ditinggalkan. Mut’ah berasal dari kata tamattu’ yang berarti senang-senang atau menikmati.

Dalam nikah mut’ah seorang lelaki menikahi seorang wanita dengan memberikan sejumlah harta tertentu dalam waktu tertentu. Pernikahan ini akan berakhir dalam batas waktu yang telah ditentukan tanpa talak, tanpa kewajiban memberi nafkah, waris dan sebagainya. Pada jaman perang, para sahabat jauh dari isteri sementara kebutuhan biologis harus disalurkan dengan benar.

Mengendalikan nafsu syahwat dengan berpuasa membuat tubuh menjadi lemas sehingga tidak cocok pada saat sedang perang maka nikah mut’ah diijinkan.

Keringanan ini diberikan saat terjadinya perang Khaibar, umrah Qadha, Fathu Makkah, perang Authas, perang pasca-Fathu Makkah, perang Tabuk, dan haji wada’namun setelah perang Khaibar, nikah mut’ah ini diharamkan. Para ulama telah sepakat (ijma’) bahwa jika saat ini ada yang melaksanakan nikah mut’ah maka hukumnya tidak sah (batal).

“Dari Ali ia berkata : ‘Rasulullah SAW melarang nikah mut’ah ketika perang Khaibar” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Dari Salamah bin al-Akwa’ ia berkata : ‘Rasulullah SAW memperbolehkan nikah mut’ah selama tiga hari pada tahun Authas (ketika ditundukkannya Makkah, fathu Makkah) kemudian (setelah itu) melarangnya” (HR. Muslim).

“Dari dari Rabi’ bin Sabrah sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: ‘Wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku pernah mengizinkan nikah mut’ah, dan sesungguhnya Allah telah mengharamkannya sampai hari kiamat, oleh karenanya barangsiapa yang masih mempunyai ikatan mut’ah maka segera lepaskanlah, dan jangan kalian ambil apa yang telah kalian berikan kepada wanita yang kalian mut’ah” (HR. Muslim, Abu Dawud, an-Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ibnu Hibban)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>