Jangan nikah karena harta

Jangan nikah karena harta….

Salah satu pertimbangan pria dalam memilih seorang wanita untuk menjadi isterinya adalah kekayaan yang dimiliki oleh wanita itu. Demikian pula dengan wanita, tentunya menginginkan pria yang menjadi pendamping hidupnya adalah seorang pria yang banyak harta.

Banyak pria dan wanita yang mementingkan harta padahal kekayaan tanpa akhlak yang baik tidak akan memberikan ketenangan yang didambakan dalam sebuah pernikahaan. Kekayaan yang dimiliki oleh seseorang yang tidak memiliki akhlak yang baik hanya akan digunakan untuk mengejar kesenangan dunia tanpa mengingat kehidupan akhirat.

Kekayaan yang dimilikinya dapat membuatnya sombong karena menganggap segalanya dapat dibeli termasuk membeli kebahagiaan. Kekayaan yang dimilikinya dapat membuatnya lupa pada perintah Allah dan Rasulullah SAW sehingga kehidupan keluarga yang dibentuknya menjadi kering dari nilai2 agama yang diperlukan oleh ebuah keluarga yang sakinah, mawaddah dan rakhmah.

“Dan jangan kamu kawini wanita karena hartanya, mungkin hartanya itu bisa menyombongkannya. Akan tetapi kawinilah mereka karena agamanya….” (HR. Ibnu Majah, dan Baihaqi).

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguh-nya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. Al-Israa’ : 37)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>