Kelebihan ember bocor

KELEBIHAN EMBER BOCOR…

Seorang ibu tinggal bersama 2 orang anaknya di tempat yang sulit air. Setiap hari kedua anaknya membantu mengambil air di tempat bibinya di daerah lain yang banyak memiliki air.

Ibu itu hanya memiliki 1 ember yang masih utuh dan 1 ember lainnya sedikit bocor. Untuk mengambil air si Kakak memakai ember yang utuh, sedangkan si Adik memakai ember yang sedikit bocor itu.

Bertahun-tahun mereka membantu ibunya mengambil air, hingga tiba saat keduanya meninggalkan ibunya untuk merantau. Sebelum pergi, keduanya berpamitan kepada ibu dan bibinya si pemilik air.

Si Kakak merasa bangga telah membantu ibunya mengambilkan air yang selalu penuh sehingga mencukupi kebutuhan keluarga. Si Adik sebaliknya, ia merasa sedih karena air yang dibawanya tidak pernah penuh karena ember yang digunakannya sedikit bocor.

Ibunya berkata kepada si Adik yang nampak kurang bahagia, “Kalian berdua sudah cukup membantu ibu. Kakakmu sudah bekerja keras sehingga sukses membantu kebutuhan keluarga. Kamu pun sudah bekerja cerdas sehingga bukan saja menambah kecukupan air, tapi juga menambah penghasilan keluarga”

Bibinya melanjutkan, “Ketahuilah nak, benih tumbuhan yang kamu sebar di sepanjang jalan yang kamu lewati saat mengambil air banyak menghasilkan bunga dan buah. Hasilnya telah dijual dan kuberikan kepada ibumu untuk biaya hidup dan sedikit bekal merantau kalian berdua”

Pesan moralnya adalah : Semua orang mempunyai kelebihan namun janganlah membuatnya terlalu bangga karena boleh jadi orang yang dinilai lebih rendah justru lebih sukses. Kekurangan pun tidak perlu disesalkan apa lagi membuat sedih karena setiap ada kekurangan di satu sisi pasti diberikan kelebihan di sisi yang lain yang tidak didapatkan oleh orang yang berkelebihan.

“Tiada seorang mukmin yang mengalami kesusahan terus menerus, kepayahan, penyakit dan juga kesedihan, bahkan sampai kepada kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan hal itu dosa-dosanya”  (HR. Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>