Memberikan nafkah untuk isteri dan anak2

Memberikan nafkah untuk isteri dan anak2….

Kewajiban utama seorang lelaki saat menjadi suami adalah memberi nafkah kepada isteri dan anak2nya kelak, baik nafkah lahir maupun nafkah batin. Jenis dan jumlah nafkah yang diberikan oleh seorang suami terhadap isteri dan anak2nya sangat tergantung dengan keadaan, waktu dan zamannyanya. Penghasilan suami dapat diberikan dalam bentuk tunai atau transfer melalui lembaga keuangan, demikian pula dengan uang jajan anak2.

Jumlah uang yang diberikan kepada isteri dan anak2 tergantung kepada kemampuan suami, apakah ia termasuk orang yang dilapangkan dalam rezeki ataukah tidak. Besarnya juga tergantung kebutuhan setiap tempat, karena harga kebutuhan pokok dan jajanan di Jakarta tidak sama dengan di kota kecil. Uang yang diberikan tahun kemarin dengan sekarang juga tidak bisa disamakan karena ada kenaikan2 harga.

Isteri yang dapat mengatur keuangan tentu berbeda dengan isteri yang tidak mampu mengaturnya. Kepadanya dapat diserahkan sebagian besar penghasilan suami bahkan seluruh uang, namun bagi orang yang tidak mampu mengaturnya, tentu tidak baik kalau sang suami menyerahkan seluruh uang padanya.

Demikian pula dengan uang jajan anak2, kalau anaknya masih kecil tentu berbeda dengan anak2 yang sudah besar. Ketika anak2 masih di SD, uang jajannya disesuaikan dengan jenis jajanan yang dikonsumsi dan ditingkatkan setelah duduk di bangku SMP, SMA dan perguruan tingi. Uang jajan dapat diberikab secara harian ketika anak2 di SD, tetapi setelah SMP dapat diberikan secara mingguan dan setelah SMA atau perguruan tinggi dapat diberikan secara bulanan.

“Sabda Nabi SAW kepada Hindun, ‘Ambillah dari hartanya yang bisa mencukupi kebutuhanmu dan anak2mu dengan kadar sepatutnya” (HR. Bukhari).

“Kaum laki2 adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki2) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki2) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka” (QS An-Nisa : 34).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>