Memilih calon suami

Memilih calon suami…..

Suami pilihan adalah suami yang dapat membangun keluarga yang sakinah, mawaddah wa rakhmah, yaitu seorang pria yang beriman dan beramal shaleh. “Yaitu orang2 yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sholat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang ma’ruf dan mencegah perbuatan yang munkar dan kepada Allahlah kembali segala urusan” (QS. Al Hajj : 41).

Suami pilihan adalah seorang pria yang cerdas dan kuat laksana Nabi Daud AS sehingga bisa membimbing dan melindungi keluarga. “Sesungguhnya Allah telah memilihnya menjadi rajamu dan menganugerahkan ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa” (QS Al Baqarah : 247).

Suami pilihan adalah seorang pria yang adil dan perbuatannya tidak menuruti hawa nafsu dalam memimpin. “Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah di muka bumi, maka berilah keputusan diantara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah” (QS Shaad : 26).

Suami pilihan adalah seorang pria yang pemaaf dan lemah lembut terhadap isterinya terutama bila isterinya berbuat salah. “Maka disebabkan rahmat Allah lah kamu bersikap lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi kasar tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan ini. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang2 yang bertawakal kepada-Nya” (QS Ali Imran : 159).

“Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ‘Jika datang kepada kamu orang yang engkau sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Kalau tidak, maka akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan besar” (HR. Tirmidzi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>