Memilih gadis atau janda

Memilih gadis atau janda….

Menikahi seorang gadis sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW apa lagi jika yang menikahinya adalah seorang jejaka. Hal ini tercermin dari komentar Rasulullah SAW saat Jabir menikahi seorang janda, beliau berkata, “Mengapa engkau tidak menikahi seorang gadis sehingga kalian bisa saling bercanda ria? yang dapat saling mengigit bibir denganmu”

Lebih jauh lagi, Rasulullah SAW juga menganjurkan agar seorang lelaki berdiam di rumah isterinya yang masih gadis lebih lama dibanding kalau isterinya tersebut janda. Pada hari pernikahannya, seorang suami berdiam dengan isterinya yang masih gadis selama seminggu dan tiga hari jika istrinya itu seorang janda.

Namun demikian, seorang janda juga bisa menjadi isteri yang istimewa. Di mata Rasulullah SAW, Khadijad binti Khuwailid yang dinikahinya dalam keadaan janda lebih istimewa dibandingkan dengan Aisyah binti Abubakar yang dinikahinya saat masih gadis remaja.

“Ketika Jabir menikahi seorang janda, Rasulullah bertanya kepadanya, ‘Mengapa engkau tidak menikahi seorang gadis sehingga kalian bisa saling bercanda ria? yang dapat saling mengigit bibir denganmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>