Memilih pasangan terbaik dengan ta’aruf

Memilih pasangan terbaik dengan ta’aruf….

Ta’aruf atau pacaran tidak terlepas dari apel atau waktu kunjung pacar I(wakuncar). Bagi pria yang sedang wakuncar ajaklah anggota keluarga pacar menemani pertemuan. Bagi wanita yang sedang diapeli, ajaklah salah seorang keluarga atau mahram supaya terhindar dari bahaya berkhalwat.

Wakuncar biasanya digunakan untuk “melihat” jadi diri calon pasangannya, menyangkut ketampanan atau kecantikannya, harta atau kekayaannya, keturunan atau derajatnya serta agama dan akhlaknya. Rasulullah SAW berpesan agar agama dan akhlak calon pasangan yang menjadi perhatian utama.

Ketampanan atau kecantikan menurut Rasulullah SAW dapat mencelakakan dirinya ataupun calon pasangannya. Kecantikan dan ketampanan tanpa disertai akhlak akan menjerumuskan ke lembah kemaksiatan, bahkan menjadi pelacur atau gigolo. Harta atau kekayaan tanpa akhlak yang baik dapat membuat sombong dan merendahkan martabat satu dengan lainnya.

Keturunan terpandang tapi tidak mendapat pembinaan akhlak yang baik membuat perilakunya menyusahkan orang lain, apa lagi bila salah satu pasangannya berasal dari keluarga yang tidak sederajat. Sebaliknya,orang yang memiliki agama dan akhlak yang baik membuat calon pasangan menjadi nyaman dan setelah resmi menjadi pasangan hidup menciptakan ketenangan (sakinah).

“Dari Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ‘Pilihlah untukmu nutfahmu, kawinilah orang2 yang serasi dan kawinilah mereka”. (HR. Ibnu Majah, Al Hakim dan Al Baihaqi).

“Teman2 akrab pada hari itu sebagian menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf : 67).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>