Memiliki pasangan hidup yang serasi

Memiliki pasangan hidup yang serasi…

Wahai pria lajang, carilah calon isteri yang shalehah, yaitu wanita yang memiliki pengetahuan agama dan akhlak yang baik. Wahai pria yang sudah beristeri, didiklah isteri2mu dengan agama dan akhlak yang baik. Sesungguhnya wanita yang memiliki pengetahuan agama dan akhlak yang baik adalah wanita shalehah.

Wahai para wanita, janganlah dirimu terlalu mengedepankan kecantikan rupa karena itu bukan sumber kebahagiaan hakiki untuk seorang lelaki. Kecantikan rupa hanya dinikmati untuk beberapa saat saja. Ketika umur sudah menua hilanglah kecantikan yang dibanggakan itu dan hanya ”kecantikan batin” yang menyertai sampai di hari tua. Kecantikan batin hanya dimiliki wanita yang memiliki agama dan akhlak yang baik.

Wahai para pria dan wanita, kekayaan lahir dapat musnah dalam sekejap oleh kecelakaan, kebakaran, banjir dan musibah2 lainnya. Hanya “kekayaan batin” yang akan membuatnya tegar dalam menghadapi musibah2 itu. Kekayaan batin mampu mengubah kemiskinan menjadi kekayaan, mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan. Kekayaan batin diperoleh dari agama dan akhlak yang baik. Seseorang dari keturunan keluarga terhormat tidak serta merta menjadikannya dirinya terhormat pula. Orang yang terhormat dan mulia lahir dari keluarga yang pendidikan agama dan akhlaknya baik.

 

“Wahai sekalian pemuda, barangsiapa di antara kalian yang sudah mampu untuk menikah, maka segeralah menikah, karena nikah akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Dan diantara tanda2 (kekuasaan)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan2 untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan Dia menjadikan diantaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar2 terdapat tanda2 bagi kaum yang berpikir” (QS. Ar Rum : 21)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>