Menghadapi orang yang dicinta dan dibenci

Menghadapi orang yang dicinta dan dibenci…

“Orang Islam ialah orang yang selamat mendengarkan tutur lidahnya dan tingkah tangannya” (HR Bukhari dan Muslim)

Mengagumi dan mencintai seseorang boleh2 saja apalagi kagum dan cinta kepada sesama muslim, tapi lihatlah juga perkataan dan perbuatan orang yang kita kagumi itu. Waspadalah, karena seringkali kita mendzalimi diri sendiri dan mendzalimi orang lain dengan membenarkan perkataan dan perbuatan orang yang kita cintai yang nyata2 salah.

Kalau orang yang kita kagumi berkata dan berbuat yang benar sudah sepatutnya didukung, namun jika sebaliknya, berikan nasehat agar idola kita kembali ke jalan yang benar. Itulah perkataan dan perbuuatan yang menyelamatkan orang dan itulah yang dinamakan mencintai seseorang karena Allah.

Kalau kita membenci atau tidak suka dengan seseorang, terimalah apa yang dikatakan dan dilakukannya kalau dia berkata dan berbuat yang benar. Berikan apresiasi dan jangan mendzalimi diri sendiri dan orang lain dengan menyalahkan perkataan dan perbuatannya yang nyata2 benar.

Demikian pula kalau orang yang kita benci berkata dan berbuat salah cobalah kita luruskan dengan cara yang santun. Janganlah kita melakukannya dengan melecehkan, memaki bahkan menghinakannya karena tidak menyelamatkan orang itu bahkan mencelakakan diri sendiri dengan berbuat dosa seperti itu.

“Kamu tidak akan mendapatkan suatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling kasih sayang dengan orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang2 itu bapak2, anak2 saudara2 ataupun saudara keluarga mereka” (QS. Al Mujadalah : 22).

Tulisan ini harap di share kembali, insya Allah berbuah pahala bagi anda….

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674
*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>