Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#1)

Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW…

1. Sholat disyaratkan dengan niat, yaitu sengaja untuk sholat, menghambakan diri kepada Allah Ta’ala semata, menguatkannya dalam hati dan tidak harus diucapkan.

“Semua amal tergantung pada niatnya dan setiap orang akan mendapat (balasan) sesuai dengan niatnya” (HR. Bukhari, Muslim).

2. Sholat dikerjakan dengan berdiri, namun dalam keadaan tertentu sholat dapat dilakukan dengan duduk atau berbaring.

“Sholatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk, dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring.” (HR. Bukhari).

“Dari ‘Imran bin Husain ia berkata, ‘Saya mempunyai penyakit bawasir, lalu saya bertanya kepada Nabi SAW, beliau bersabda, ‘Sholatlah kamu dengan berdiri! Kalau tidak mampu, dengan duduk. Kalau tidak mampu, dengan berbaring.’ (HR. Bukhari)

“Kalau kamu tidak mampu, sholatlah dengan berbaring. Allah tidak membebani seseorang kecuali sebatas kemampuannya” (HR. Nasa’i)

3. Sholat menghadap Ka’bah di Masjidil Haram.

“Bila engkau berdiri untuk sholat, sempurnakanlah wudhu’mu, kemudian menghadaplah ke kiblat, lalu bertakbirlah” (HR. Bukhari, Muslim dan Siraj)

“Apabila kamu akan berdiri melaksanakan sholat, sempurnakanlah wudhu, kemudian menghadaplah ke kiblat.” (HR. Syaikhani).

5. Sholat dibatasi oleh sutrah yang diletakkan depan tempat berdiri.

“Nabi SAW berdiri sholat dekat sutrah (pembatas) yang jarak antara beliau dengan pembatas di depannya 3 hasta” (HR. Bukhari dan Ahmad).

“Janganlah kamu sholat tanpa menghadap sutrah dan janganlah engkau membiarkan seseorang lewat di hadapan kamu (tanpa engkau cegah). Jika dia terus memaksa lewat di depanmu, bunuhlah dia karena dia ditemani setan” (HR. Ibnu Khuzaimah).

“Bila seseorang di antara kamu sholat menghadap sutrah, hendaklah dia mendekati sutrahnya sehingga setan tidak dapat memutus sholatnya.”
(HR. Abu Dawud, Al Bazzar dan Hakim).

Broadcast selanjutnya : Takbiratul ikram.

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
PIN BB 2812A674
*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>