Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#11)

Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#11)…

54. Jari telunjuk hanya berisyarat (bergerak) dan tidak digerak-gerakkan.

“Dari Wa`il bin Hujr ia berkata, ‘Kemudian beliau menggenggam dua jari dari jari2 beliau dan membuat lingkaran, kemudian beliau mengangkat jarinya, maka saya melihat beliau mengerak-gerakkannya berdoa dengannya” (HR. Ahmad, Ad-Darimy, An-Nasai, Ibnul Jarud, Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah, Ath-Thabrany, Al-Baihaqy dan Al-Khatib Al-Baghda. Sanad hadits ini hasan, tapi ada cacatnya)

Hadits tersebut berasal dari Za`idah bin Qudamah ada ‘illat (cacat) dan syadz karena menyelisihi 22 orang rawi yang semuanya tsiqoh (terpercaya). Dua puluh dua rawi tersebut meriwayatkan dari ‘Ashim bin Kulaib bin Syihab dari ayahnya (Wa`il bin Hujr) dan tidak ada yang menyebutkan lafadz yuharrikuha (digerak-gerakkan).

55. Jari telunjuk kanan tidak diam tetapi memberi isyarat (bergerak).

“Sesungguhnya Nabi SAW beliau berisyarat dengan telunjuknya bila beliau berdoa dan beliau tidak mengerak-gerakkannya” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i, Ath-Thabrany , Al-Baghawy dari Hajjaj bin Muhammad dari Ibnu Juraij dari Muhammad bin ‘Ajlan dari ‘Amir bin ‘Abdullah bin Zubair dari ayahnya ‘Abdullah bin Zubair, tapi hadits tersebut cacat).

Hampir semua rawi tersebut tsiqoh (terpercaya), tapi hadits tersebut ‘illat (cacat) karena terdapat Muhammad bin ‘Ajlan yang terkenal lemah hafalannya sehingga hadits Muslim yang bersumber darinya tidak ada penyebutan lafadz laa yuharrikuha (tidak digerak-gerakkan). Empat rawi terpercaya (Al-Laits bin Sa’ad, Abu Kha lid Al-Ahmar, Yahya bin Sa’id Al-Qoththon, dan Sufyan bin ‘Uyainah) dan tiga rawi terpercaya lainnya (‘Utsman bin Hakim, Ziyad bin Sa’ad dan Makhromah bin Bukair) yang bersumber darinya juga tidak menyebutkan lafadz laa yuharrikuha.

Broadcast selanjutnya : Bangkit dari duduk tasyahhud awal.

Wassalamualaikum,
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674
*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>