Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#13)

Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#12)…

61. Salam adalah tanda berakhirnya sholat dengan menolehkan wajah ke kanan kemudian ke kiri.

“Dari ‘Amir bin Sa’ad, dari bapaknya berkata, ‘Saya melihat Nabi SAW memberi salam ke sebelah kanan dan sebelah kirinya hingga terlihat putih pipinya” (HR. Ahmad, Muslim, An Nasa’i dan Ibnu Majah)

62. Menoleh ke kanan seraya mengucapkan salam kemudian menoleh ke kiri juga mengucapkan salam .

“Dari Ibnu Mas’ud bahwa Nabi SAW biasa mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri, sehingga terlihat warna putih pipinya (dengan ucapan) : “Assalaamu ‘alaikum warahmatullaah, assalaamu ‘alaikum warahmatullah” (HR. Imam Ahmad, At-Thahawi, Abu Dawud, Tirmidzi, Imam Nasa’i, Ibnu Majah. Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini shahih).

63. Dilarang menoleh ke kanan dibarengi dengan membuka telapak tangan kanan dan menoleh ke kiri dengan membuka tangan kiri.

“Mengapa kamu menggerakkan tangan kamu seperti gerakan ekor kuda yang lari terbirit-birit dikejar binatang buas? Bila seseorang diantara kamu mengucapkan salam, hendaklah ia berpaling kepada temannya dan tidak perlu menggerakkan tangannya” Pada riwayat lain disebutkan : “Seseorang diantara kamu cukup meletakkan tangannya di atas pahanya, kemudian ia mengucapkan salam dengan berpaling kepada saudaranya yang di sebelah kanan dan saudaranya di sebelah kiri” (HR. Muslim, Abu ‘Awanah, Ibnu Khuzaimah dan At-Thabrani).

Wassalamualaikum,
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674
*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>