Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#5)

Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#5)…

21. Bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengangkat kedua tangan setinggi bahu atau telinga.

“Dari Abdullah bin Umar ia berkata, ‘Rasulullah SAW biasa mengangkat kedua tangannya setentang bahu jika hendak memulai sholat, setiap kali bertakbir untuk ruku’ dan setiap kali bangkit dari ruku’” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Dari Malik bin Al-Huwairits ia berkata, ‘Rasulullah SAW biasa mengangkat kedua tangannya setentang telinga setiap kali bertakbir” (HR. Muslim).

22. I’tidal sambil mengucapkan ‘samiallahu liman hamidah”

“Dan ketika mengangkat kepalanya (bangkit ) dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucap “Sami’allahu liman hamidah” (HR. Bukhari, Muslim dan Malik).

23. I’tidal setelah imam mengucapkan “Sami’ allahu liman hamidah”

“Apabila imam mengucapkan ‘Sami’ allahu liman hamidah’ maka ucapkanlah oleh kalian ‘Allahumma Robbana wa lakal hamdu’ Barangsiapa yang ucapannya tadi bertepatan dengan ucapan para malaikat diampunkan dosa2nya yang telah lewat” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa-i, Ibnu Majah dan Malik)

24. I’tidal sampai punggung tegak kembali.

“Kemudian angkatlah kepalamu sampai engkau berdiri dengan tegak [sehingga tiap2 ruas tulang belakangmu kembali pada tempatnya]” (HR. Bukhari dan Muslim)
25. Setelah tegak, kedua tangan bersedekap seperti semula atau biarkan menjuntai ke bawah.

“Dari Wa’il bin Hujr, dari ayahnya ia berkata, ‘Saya sholat bersama Rasulullah SAW kemudian beliau meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya di atas dadanya” (HR. Ibnu Khuzaimah).

Hadits Wa’il bin Hujr di atas adalah dalil tentang posisi tangan ketika berdiri dalam sholat dan bukan disyariatkan untuk i’tidal. Posisi tubuh saat i’tidal berdiri tegak dan tulang2 kembali ke tempat persendiannya sehingga harus dilakukan dengan melepas tangan menjuntai ke bawah.

Broadcast selanjutnya : Sujud

Wassalamualaikum,
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674
*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>