Pokok2 gerakan sholat menurut Rasulullah SAW (#7)

33. Cara sujud wanita sama dengan pria, bertumpu pada 7 anggota badan termasuk cara duduknya.

“Sholatlah kamu sekalian sebagaimana kamu melihat aku bersholat” (HR. Bukhari).

“Dari Ibnu ‘Abbas berkata, ‘Nabi SAW bersabda, ‘Aku (kami) diperintah untuk bersujud dengan 7 anggota badan, yakni kening sekaligus hidung, dua tangan (dua telapak tangan), dua lutut, jari-jari kedua kaki dan kami tidak boleh menyibak lengan baju dan rambut kepala” (HR. Jama’ah).

34. Menjauhkan perut atau lambung dari kedua paha.

“Beliau mengangkat kedua lengannya dan melebarkannya sehingga jauh dari lambungnya, sampai kelihatan ketiak beliau yang putih dari belakang” (HR. Bukhari dan Muslim).

35. Tidak meletakkan lengan tangan di lantai

“Janganlah kamu menghamparkan hasta (lengan tangan) seperti anjing menghampar” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi dan Muslim).

36. Sujud dapat dilakukan langsung di lantai atau di atas alas sholat bila panas.

“Para shahabat sholat berjama’ah bersama Rasulullah SAW pada cuaca yang panas. Bila ada yang tidak sanggup menekankan dahinya di atas tanah maka membentangkan kainnya kemudian sujud di atasnya” (HR. Muslim).

37. Dilakukan dengan thuma’ninah.

“Kemudian sujudlah sampai thuma’ninah (tenang) dalam sujud itu, lalu bangkitlah sehingga thuma’ninah dalam duduk, lalu sujudlah sampai thuma’ninah dalam sujud itu” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>