Segera menikah bagi yang sudah mampu

Segera menikah bagi yang sudah mampu….

Manusia selalu bersentuhan dengan rasa cinta kepada sang kekasih dan rasa cinta itu selalu membuahkan kerinduan terhadap kekasih yang dicintainya. Kerinduan selalu mendatangkan duka karena pertemuan yang tidak diikat dengan pernikahan selalu mendatangkan maksiat dan dosa sementara hatinya akan terasa tersiksa bila tidak segera berjumpa dengan kekasih yang dirindukannya.

Seorang lelaki yang sudah memiliki kekasih dan berkemampuan untuk memberikan nafkah lahir maupun batin kepada wanita kekasih hatinya, sebaiknya segera saja menikahi kekasih hatinya itu. Jangan sampai cinta dan kerinduannya diwujudkan dengan cara yang dilarang Allah dan Rasul-Nya dengan melakukan pertemuan dengan orang yang dirindukannya itu berdua saja (berkhalwat) karena syaitan akan hadir diantara keduanya.

Seorang lelaki yang sudah memiliki kekasih namun belum mempunyai kemampuan untuk memberikan nafkah lahir maupun batin kepada wanita kekasih hatinya, hendaklah hati2 dan waspada. Daripada larut dalam cinta dan kerinduan yang semakin mendalam kemudian melakukan perbuatan2 layaknya orang yang sedang kasmaran, maka lebih baik menahan diri dengan cara mengerjakan puasa.

“Wahai para pemuda, barangsiapa yang mampu memberi nafkah (ingin berjimak) maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Dan diantara tanda2 (kekuasaan)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan2 untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan Dia menjadikan diantaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar2 terdapat tanda2 bagi kaum yang berpikir” (QS. Ar Rum : 21).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>