Suami buruk main2 dengan perceraian

“Ada 3 hal yang kesungguhannya dan gurauannya sama2 dianggap sungguh2 yaitu : Nikah, talak (cerai) dan Rujuk” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Seorang suami terkadang merasa tidak menyukai perilaku isterinya yang dinilainya kurang patut atau melanggar syariat agama. Suami yang buruk akan mensikapinya dengan keras bahkan kalau sudah memuncak kemarahannya akan terlontar kata2 yang mengarah perceraian.

Ucapan “cerai” dan ucapan yang semaksud dengan ucapan itu tidak serta merta membuat suami isteri bercerai apa lagi bila diucapkan dengan marah dan tanpa niat untuk menceraikan. Meskipun demikian, seorang suami tidak boleh bermain2 atau sembarangan mengucapkan kata “cerai” di depan isterinya, karena bisa jadi akan jatuh talak meskipun diucapkan dengan bergurau, apa lagi sungguh2 dan disertai dengan niat.

Seorang suami terkadang berselisih dengan isterinya karena sesuatu hal sehingga secara sungguh2 atau bergurau, tercetuslah kata2 yang bermakna perceraian. Kata2 seperti “aku ceraikan kamu” “baiknya kita pisah saja” “sebaiknya kita akhiri hubungan kita” dan kata2 yang senada dengan kata2 itu sudah cukup untuk membuat perceraian dapat terjadi, terutama kalau disertai niat.

Pertengkaran atau perselisihan suami isteri terkadang memang mengarah kepada penceraian, namun penceraian ini tidak boleh dijadikan sebagai langkah pertama dalam menyelesaikannya. Hendaknya diusahakan berbagai cara untuk menyelesaikannya, karena kemungkinan besar akan banyak rasa penyesalan yang ditimbulkan kelak dikemudian hari.

“Apabila kamu mentalak isteri2mu, lalu mereka mendekati akhir idahnya, maka rujukilah mereka dengan cara yang ma’ruf, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang ma’ruf (pula)” (QS. Al Baqarah : 231).

Mohon tulisan ini di share kembali, insya Allah berbuah pahala bagi anda….

Wassalamualaikum,

Mulyo Wiharto

http://facebook.com/mulyo.wiharto

PIN BB 2812A674 *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>