Suami buruk tidak menghukum isterinya dengan benar

“Mu’awiyah bin Haidah al-Qusyairi berkata, ‘Ya Rasulullah, apakah hak isteri atas suaminya?’ Nabi SAW menjawab, ‘Hendaklah engkau memberinya makan jika engkau makan, memberinya pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajah, tidak menjelek2kannya… ” (HR. Ibnu Majah).

Seorang isteri wajib taat kepada suami sepanjang suaminya memberikan perintah atau larangan yang sesuai dengan syariat agama Islam. Sebagai contoh, jika suaminya menyuruh agar isterinya di rumah saja karena nafkahnya sudah ditanggung, maka patuhilah. Jika suami melarang isterinya keluar rumah dengan dandanan yang menyolok atau tidak menutup aurat, maka patuhilah.

Terkadang, seorang isteri dengan sengaja atau tanpa sengaja melanggar perintah atau larangan suaminya, maka nasehatilah dengan cara yang baik. Tidaklah bijak menasehati isterinya di depan anak2 atau orang lain, juga tidaklah benar menasehati isterinya dengan cara mencela, mencaci maki apa lagi menghinanya.

Jika nasehat yang diberikan bermanfat, maka ma’afkanlah perbuatan sang isteri, namun jika nasehatnya tidak efektif hendaknya suami berpisah tempat tidur dengan isterinya. Jika sudah dipisahkan tidurnya juga tidak bermanfaat, maka suami dibolehkan untuk memukul isterinya, namun dengan cara yang tidak membahayakan.

Tiga rangkaian perbuatan itu dimaksudkan untuk memberi pelajaran kepada isteri agar menghentikan perbuatannya, sebab durhaka kepada suami sama saja durhaka kepada Allah. Suami yang tidak menjalankan tuntunan tersebut juga akan menuai dosa yang dilakukan oleh isterinya yang perbuatan maksiatnya dibiarkan olehnya.

“Dan wanita2 yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya” (QS. An Nisaa : 34).

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>