Sumber kekayaan Rasulullah SAW

Sumber kekayaan Rasulullah SAW …

“Anas bin Malik menceritakan, Rasulullah SAW bersabda, ‘Ya Allah, aku mohon kepada-Mu petunjuk dan ketakwaan, keluhuran budi dan kekayaan” (HR. Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Boleh saja berharap untuk menjadi orang kaya, namun ingatlah bahwa kekayaan yang kita miliki akan ditanya asal dan tujuannya. Kekayaan yang kita miliki itu bukan hanya akan dipertanyakan dari mana asalnya, namun ditanyakan juga untuk apa kekayaan itu dibelanjakan.

Kekayaan yang kita miliki merupakan salah satu perkara yang akan membebani kita di hari kiamat. Kedua kaki kita tak akan bergeser dari hadapan Allah sebelum ditanya tentang umurnya untuk apa kita habiskan, masa mudanya untuk apa kita pergunakan, ilmunya sudahkah kita amalkan, serta dari mana harta kita diperoleh dan untuk apa harta itu kita belanjakan.

Maka dari itu marilah kita melakukan pekerjaan yang halal dari hasil keringat kita sendiri dan tidak menjadi peminta-minta sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sebelum mendapatkan penghasilan dengan berdagang ke negeri Syam, Rasulullah SAW mendapatkan penghasilan dengan menggembalakan kambing. Setelah menjadi Rasul Allah, beliau memusatkan perhatiannya untuk berdakwah dan hidup secara sederhana dari harta yang dimilikinya.

Pada saat hijrah ke Madinah, Rasulullah SAW mendapatkan imbalan dengan mengerjakan lahan kaum Ansar. Pada masa perang, Rasulullah SAW mendapatkan penghasilan dari rampasan perang dan lahan pertanian yang digarap dari wilayah yang berhasil ditaklukkan.

“Apabila telah ditunaikan sholat Jum’at, maka bertebaranlah kalian di muka bumi, carilah karunia Allah dan banyaklah mengingat Allah supaya kalian beruntung” (HR. Al Jumu’ah/62 : 10).

Tulisan ini harap di share kembali, insya Allah berbuah pahala bagi anda….

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>