Ta’aruf melalui media sosial.

Ta’aruf melalui media sosial….

Ta’aruf bertujuan untuk ‘melihat’ calon pasangannya namun jangan dilakukan berdua saja. Lakukan ta’aruf dengan melibatkan mahram dari oihak perempuan. Bila hal ini tidak mungkin, maka bisa menggunakan media sosial seperti BlackBerry Messenger, WhatsApp Messenger, Facebook, twitter dan sejenisnya.

Pria dan wanita dapat saling “melihat” atau mengenal calon pasangan hidupnya dengan melakukan chatting untuk mengetahui jati diri calon pasangan hidupnya. Media sosial menjadi pilihan yang efektif untuk mencapai tujuan ta’aruf yang sesuai dengan kaidah agama karena dapat “melihat” atau mengenal lebih baik siapa calon pasangan hidup kita tanpa harus berkhalwat atau berduaan di tempat sepi.

Bila bertemu langsung dengan calon pasangan, selain sekedar berbincang-bincang, satu pihak atau kedua pihak biasanya akan melakukan aktivitas layaknya dua insan yang sedang dimabuk asmara, apa lagi jika tidak ditemani oleh keluarga atau mahramnya. Bila ta’aruf tidak disertai dengan mahram dari pihak perempuan, lakukanlah pertemuan di tempat ramai, jangan di tempat sepi apa lagi di tempat tertutup. Pasangan yang sedang berkhalwat mudah terjerumus pada model pacaran masa kini yang dilarang agama, seperti meraba-raba, berpelukan, berciuman bahkan melakukan persetubuhan di luar pernikahan yang sejatinya akan menuai dosa2 perzinaan.

“Dari Jabir bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah ia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa ada mahram wanita tersebut, karena syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua” (HR. Ahmad).

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang jelek” (QS. Al Isra : 32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>