Tata cara sholat istikharah

Tata cara sholat istikharah…

“Dari Jabir bin Abdillah, ‘Rasulullah SAW mengajari kami sholat istikharah dalam setiap perkara yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami surah Al-Quran. Beliau berkata, ‘jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah sholat dua roka’at yang bukan sholat wajib kemudian berdoalah…” (HR. Bukhari).

Sholat istikharah dilakukan untuk memutuskan sebuah pilihan dan memohon diberi ketetapan hati untuk memilihnya. Sholat istikharah dikerjakan 2 roka’at atau lebih. Waktunya boleh kapan saja namun disarankan pada sepertiga malam yang terakhir atau sekitar pk. 01.30 sampai Subuh.

Tata cara sholat istikharah sama seperti sholat pada umumnya. Sesudah salam kemudian membaca doa sebagai berikut : “Ya Allah sesungguhnya aku meminta pilihan-Mu dengan ilmu-Mu, dan meminta keputusan dengan ketentuan-Mu, Aku meminta kemurahan-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan aku tidak ada daya untuk menentukan, Engkaulah yang mengetahui dan aku tidaklah tahu apa2, Engkaulah yang Maha Mengetahui perkara gaib. Ya Allah sekiranya Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebutkan ….) adalah baik bagiku saat ini dan di waktu yang akan datang, atau baik bagi agamaku dan kehidupanku serta masa depanku maka tentukanlah itu untukku dan mudahkanlah ia bagiku lalu berkatilah. Ya Allah apabila Engkau mengetahui bahwa perkara itu buruk bagiku untuk agamaku dan kehidupanku dan masa depan perkaraku, atau bagi urusanku saat ini dan di masa mendatang, maka jauhkanlah ia dariku dan tentukanlah bagiku perkara yang lebih baik darinya, apapun yang terjadi, lalu ridhoilah ia untukku” (HR. Ahmad, Bukhari dan Ashabussunan).

“…boleh jadi kamu benci kepada sesuatu padahal ia baik bagi kamu dan boleh jadi kamu suka kepada sesuatu padahal ia buruk bagi kamu. Dan Allah jualah Yang mengetahui sedang kamu tidak mengetahuinya” (QS. Al Baqarah/2 : 216).

Wassalamualaikum,
Mulyo Wiharto
http://facebook.com/mulyo.wiharto
PIN BB 2812A674

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>