Undangan pernikahan

Undangan pernikahan….

 

Pesta pernikahan dalam Islam disebut walimaatul ‘urs atau walimah yang bertujuan mengumumkan adanya pernikahan dan sambutan untuk suami. Acara walimah diselenggarakan dengan mengumpulkan kerabat, sahabat dan teman2 untuk menggembirakan hati mereka, terutama orang2 miskin di sekitar tempat tinggal (HR. Bukhari) dan saudara2 seiman dalam acara walimah (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).

 

Mengundang orang untuk menghadiri acara walimah sifatnya sunnah, namun orang yang telah diundang wajib hadir dan tidak diperbolehkan absen tanpa ada halangan. Datanglah dengan dandanan sederhana, untuk. Wanita tidak perlu memakai parfum yang semerbak dan pria wanita yang bukan mahraam tidak bercampur dalam lokasi yang sama.

 

Undangan boleh tidak dihadiri jika kondisi2 sebagai berikut : 1. Undangan tersebut khusus bagi orang kaya saja. 2. Ada yang akan terdzalimi dengan kehadirannya. 3. Majelis walimah itu tidak layak untuk dihadiri. 4. Apabila kedatangannya itu semata-mata karena menginginkan sesuatu dari si pengundang atau karena takut kepadanya. 5. Makanan yang disediakan mengandung syubhat atau haram. 6. Terdapat acara atau perkara2 mungkar seperti suguhan nyanyian atau tarian yang mengumbar syahwat, pemakaian perlengakapan yang dilarang agama, dan sebagainya.

 

“Barang siapa yang tidak menghadiri undangan walimatul ‘usy sungguh dia telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya” (HR. Muslim).

 

“Barang siapa melanggar batas2 ketentuan Allah, maka mereka itu ialah orang-orang yang berbuat dzalim. (QS.Ali Imran : 31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>