Wanita boleh memilih suami

Wanita boleh memilih suami……

Salman Alfarisi adalah orang Persia yang dipersaudarakan dengan Abu Darda yang orang Madinnah sehingga pada saat dia hendak melamar orang Madinnah, dia minta didampingi Abu Darda yang dinilai lebih memahami adat Madinnah. Keduanya menuju sebuah rumah di tengah kota Madinnah yang dikenal mempunyai putri yang shalihah dan bertaqwa.

Setibanya di rumah wanita itu, Abu Darda mengenalkan Salman dan menceriterakan maksud kedatangannya kepada orang tua sang putri. “Saya adalah Abu Darda dan ini saudara saya, Salman orang Persia, Allah telah memuliakannya dengan Islam dan dia telah memuliakan Islam dengan jihadnya. Rasulullah sendiri menyebutnya ahlul bait. Saya mewakili saudara saya ini untuk mempersunting putri anda”.

Ayah wanita itu merasa terhormat menerima pinangan 2 sahabat Rasulullah, namun dia menyerahkan jawabannya kepada putrinya. Sang putri hanya memberi isyarat kepada ibunya dan sebagai gantinya ibunyalah yang memberikan jawaban yang intinya menolak pinangan Salman, namun bisa menyetujui kalau pinangannya itu untuk Abu Darda sendiri.

Mengetahui wanita itu menolak pinangannya dan memilih Abu Darda, berserulah Salman, “Allahuakbar… kalau memang putusannya seperti itu, aku sumbangkan semua mahar yang telah aku kumpulkan untuk pernikahan saudaraku ini dan akulah yang akan menjadi saksi pernikahannya”.

Masyaa Allah, Salman Alfarisi lebih mengutamakan persahabatan dan akhlak Islam dibanding hawa nafsunya. Demi persahabatan dan akhlak Islam, Salman Alfarisi merelakan putri yang dipinangnya itu untuk menjadi isteri sahabatnya agar keduanya berbahagia.

“Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Janganlah dinikahkan perempuan janda sebelum diajak bermusyawarah dan perawan sebelum diminta ijinnya. Sahabat2 lalu bertanya, ‘Bagaimana cara ijin perawan ya Rasulullah?’ Jawab beliau, ‘Diamnya tanda ijinnya’ (HR. Jamaah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>